Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Verifikasi Faktual Keanggotaan Partai Politik

Oleh : kpudps | 20 Desember 2017 | Dibaca : 154 Pengunjung

KPU Kota Denpasar melakukan verifikasi faktual keanggotaan untuk Partai PSI dan Partai Perindo. Verifikasi keanggotaan dilakukan sampai dengan tanggal 4 Januari 2017 setelah sebelumnya telah dilakukan verifikasi kepengurusan, sekretariat, dan keterwakilan perempuan untuk kepengurusan parpol.

Verifikasi keanggotaan ini merupakan rangkaian verifikasi faktual setelah KPU RI menyatakan ada dua belas parpol yang memenuhi syarat untuk lanjut ketahap verifikasi faktual. 

Kota Denpasar hanya memverifikasi dua partai baru yaitu Partai PSI dan Partai Perindo, karena untuk sepuluh partai lama hanya dilakukan verifikasi untuk daerah otonomi baru. 

Tim verifikasi KPU Kota Denpasar merupakan tim internal yang ditugaskan untuk mengecek kebenaran keanggotaan terhadap 10% Sampling yang dikeluarkan Sipol setelah dilakukan pengundian nomor acak yang dipilih oleh pengurus partai di Kantor KPU Kota Denpasar.

Verifikasi keanggotaan dilakukan untuk memferifikasi kebenaran keanggotaan parpol dengan menemui anggota parpol melalui pertemuan tatap muka satu persatu kerumah-rumah (door to door) anggota parpol dengan cara mencocokan salinan  KTP, KTA denan KTP dan KTA asli. Kemudian tim verifikasi mengisi data pada form yang telah disediakan dan melakukan dokumentasi terhadap proses yang telah dilakukan.

Suasana hujan sempat mewarnai wilayah Kota Denpasar sehingga sempat menghambat perjalanan tim verifikator. Bagi anggota yang tidak dapat ditemui saat tim verifikator mendatangi rumah yang bersangkutan maka partai politik memiliki kewajiban untuk mendatangkan ke Kantor KPU Kota Denpsar pada masa verifikasi dilakukan kata Ketua KPU Kota Denpasar memberi arahan kepada tim verifikator.


Oleh : kpudps | 20 Desember 2017 | Dibaca : 154 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :