Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Sosialisasi Kepada Segmen Disabillitas, KPU Kota Denpasar Sambangi SLB

Oleh : kpudps | 08 Januari 2018 | Dibaca : 127 Pengunjung

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id- National Paralympic Committee (NPC) merupakan salah satu lembaga strategis yang menjalin kerjasama terkait sosialisasi dan pendidikan pemilih dengan KPU Kota Denpasar. Minggu (7/1/18), KPU Kota Denpasar mensosialisasikan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Tahun 2018 kepada anggota NPC di Sekolah Luar Biasa (SLB) A Negeri 1 Denpasar yang berlokasi di Jalan Sersan Mayor Gede No. 11.

Sosialisasi dimulai pukul 13.00 wita dan dibuka langsung oleh Ketua NPC Kota Denpasar, Ketut Gede Rahadi Diana Putra. Selanjutnya, IGN Agung Darmayuda (Anggota Divisi SDM dan Parmas) yang akrab disapa Rah de ini menyampaikan bahwa Pilgub Bali, 27 Juni 2018 nanti akan dilaksanakan serentak dengan Pemilukada pada beberapa daerah lainnya di Indonesia. Rah de pun menjelaskan syarat-syarat untuk dapat menggunakan hak pilih seperti WNI, berusia 17 tahun/sudah menikah/sudah pernah menikah dan terdaftar pada Daftar Pemilih tetap (DPT). Untuk dapat terdaftar di DPT, pemilih wajib memiliki E-KTP. Rah de menjelaskan secara singkat tentang tata cara memperoleh E-KTP di Kota Denpasar karena masih ada beberapa peserta sosialisasi yang belum memperoleh maupun mengurus E-KTP.

Selain waktu pelaksanaan Pilgub Bali dan syarat menggunakan hak pilih, tahapan terdekat seperti Pemutakhiran Data Pemilih, Pendaftaran Calon Gubernur serta Wakil Gubernur maupun tata cara menggunakan hak pilih bagi kaum disabilitas juga disampaikan kepada peserta sosialisasi. Beberapa pertanyaan diajukan oleh peserta sosialisasi seperti model template yang disediakan bagi pemilih tuna netra, tata cara untuk pindah pilih dan waktu pemilihan bagi yang melakukan pindah pilih.

Sebelum mengakhiri sosialisasi, Rah de mengajak peserta sosialisasi yang merupakan pemilih pemula untuk membuat VLOG yang isinya mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Bali, 27 Juni 2018. Rah de berharap melalui sosialisasi ini kaum disabilitas dapat menggunakan hak pilihnya sesuai keinginan tanpa tekanan dan intimidasi dari pihak manapun. 

 


Oleh : kpudps | 08 Januari 2018 | Dibaca : 127 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :