Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Sosialisasi Tatap Muka Tahapan Pemutahiran Data Pemilih

Oleh : kpudps | 14 Februari 2018 | Dibaca : 120 Pengunjung

KPU Kota Denpasar melaksanakan sosialisai tatap muka tahapan pemutahiran data pemilih pada Hari Rabu 14 Februari 2018. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang pertemuan lantai III Kantor KPU Kota Denpasar. Sesuai dengan surat undangan acara dimulai tepat pada pukul 10.00 Wita dibuka oleh Ketua KPU Kota Denpasar I Gede John Darmawan.

Narasumber yang memberikan materi acara ini adalah Kadek Wirati Komisioner KPU Propinsi Bali dan I Made Rapog Kabid PIAK Disdukcapil Kota Denpasar sebagai narasumber IGN Agung Darmayuda Komisioner KPU Kota Denpasar divisi SDM dan Parmas.

Pemaparan oleh Kadek Wirati berkaitan dengan PKPU 2 Tahun 2017 tentang Pemutahiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pilkada Serentak 2018. Pemaparan tentang aspek penting data pemilih, hak memilih, syarat terdaftar dalam daftar pemilih, tahapan pemutahiran, proses coklit oleh PPDP, lahirnya Daftar Pemillih Sementara (DPS) sampai dengan dihasilkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kadek Witati lebih lanjut memaparkan pentingnya peran masyarakat, peran stakeholder yang merupakan kerja bersama untuk menghasilkan akurasi data pemilih untuk pemilihan berkualitas.

Setelah pemaparan dari KPU Propinsi Bali,  I Made Rapog dari Disdukcapil Kota Denpasar memaparkan pentingnya kesadaran masyarakat untuk selalu update data kependudukannya. Dipaparkan bahwa jumlah penduduk Kota Denpasar per Januari 2018 adalah 666.200 dari jumlah tersebut yang wajib KTP sejumlah 496.237 akan tetapi ada 44.974 orang yang belum merekam dalam kaitan pengurusan KTP Elektronik. Lebih lanjut dijelaskan bahwa ada 8 tempat yang disediakan untuk melakukan perekaman termasuk di kantor-kantor camat, diharapkan untuk segera merekam dengan persyaratan membawa Kartu Keluarga. Disdukcapil Kota Denpasar memiliki skala proritas untuk saat ini yaitu pemilih yang sudah berumur 17 tahun saat sampai 27 Juni 2018.

Setelah pemaparan dibuka sesi tanya jawab. Peserta sangat antosias bertanya kepada narasumber sampai waktu yang disediakan. Semoga acara ini dapat bermanfaat untuk mendapatkan data pemilih yang akurat dan berkualitas menuju pemilu berkualitas dan berintegritas.


Oleh : kpudps | 14 Februari 2018 | Dibaca : 120 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :