KPU Kota Denpasar Uji Kelayakan Calon Anggota PPK

  • 10 Februari 2020
  • 10:50 WITA
berita_201002100216_KPUKotaDenpasarUjiKelayakanCalonAnggotaPPK.jpg

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id- Sebanyak 40 orang calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 4 Kecamatan se Kota Denpasar melaksanakan seleksi wawancara/uji kelayakan calon anggota PPK Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar tahun 2020. Seleksi diselenggarakan secara tertutup diruang rapat internal Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar dan berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 8-9 Februari 2020.

Seleksi wawancara diuji oleh 5 orang Komisioner KPU Kota Denpasar. Masing-masing Komisioner secara bergantian memberikan pertanyaan kepada peserta seleksi. Adapun pertanyaan tersebut meliputi tentang pengetahuan umum, pengetahuan kepemiluan, hubungan kemasyaraktan, pengetahuan kewilayahan, pengetahuan tanggung jawab dan wewenang PPK, hingga kesiapan peserta seleksi ketika menjabat sebagai anggota PPK.

Menurut Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya, seleksi wawancara digelar sebagai tindak lanjut dari tahapan pembentukan badan ad hoc pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Denpasar tahun 2020. Selain itu,tujuan seleksi wawancara adalah untuk mengenal lebih dalam calon anggota PPK dan untuk mengetahui pemahaman calon anggota PPK mengenai kepemiluan, serta kesiapan peserta seleksi untuk menjadi anggota PPK. Selanjutnya hasil dari seleksi wawancara akan diumumkan dan diberi ranking 1-10 sesuai nilai yang diperoleh calon anggota PPK dari seleksi wawancara. Metodenya adalah urutan 1-5 akan bekerja sebagai PPK, urutan 6-10 akan menjadi cadangan jika kedepannya ada pergantian antar waktu (PAW) Anggota PPK.

Arsa Jaya juga berpesan untuk semua calon anggota PPK jika nantinya ada yang tidak lolos lima besar agar jangan berkecil hati. “Masih banyak ada kesempatan untuk menjadi penyelenggara PEMILU, mulai dari PPS ditingkat Desa/Kelurahan, hingga KPPS ditingkat TPS” ujar Arsa Jaya. (SM/Hupmas/KPU-DPS).

Komentar