Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Rakor dengan Kepala Puskesmas se-Kota Denpasar

Oleh : kpudps | 08 Oktober 2015 | Dibaca : 680 Pengunjung

Rakor dengan Kepala Puskesmas se-Kota Denpasar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan kepala Puskesmas se-Kota Denpasar pada hari Kamis, 8 Oktober 2015 di Ruang Rapat Lantai II Kantor KPU Kota Denpasar. Rapat koordinasi ini dimulai pukul 09.00 wita dan dihadiri oleh sebelas Kepala Puskesmas dari 4 kecamatan yang ada di Kota Denpasar. Rapat ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Denpasar yang pada kesempatan ini diwakilkan oleh sekretarisnya.

            Agenda utama rapat ini membahas tentang  teknis perolehan surat keterangan sehat yang harus dimiliki calon anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara). Sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 8, bahwa untuk menjadi anggota KPPS, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani. Sehubungan dengan hal tersebut, sebagai penyelenggara Pilkada di Kota Denpasar, KPU Kota Denpasar akan memfasilitasi proses perolehan surat keterangan sehat tersebut  agar mempermudah proses perekrutan anggota KPPS. Banyak masukan yang diberikan dari kepala puskesmas tentang teknis perolehan surat keterangan sehat. Dengan mempertimbangkan banyak hal, mulai dari keragaman profesi calon anggota KPPS,  kondisi di tiap-tiap puskesmas, sampai dengan kemudahan dalam pengadministrasian, akhirnya disepakati hal-hal sebagai berikut.

Pertama, KPU Kota Denpasar akan memberikan dana di awal kepada masing-masing kepala puskesmas agar dalam pengadministrasian di puskesmas tidak terganggu mengingat mereka harus menyetor pemasukan ke Dinas Pendapatan Kota Denpasar hari itu juga. Kedua, KPU Kota Denpasar akan memberikan surat pengantar kepada calon anggota KPPS agar dalam pemeriksaan, Calon Anggota KPPS diberikan kemudahan mengingat waktu yang tersedia untuk pemeriksaan hanya 2 minggu (sampai tanggal 25 Oktober 2015), sedangkan jumlah KPPS sebanyak 5.691 orang (813 TPS X 7 orang). Ketiga, KPU Kota Denpasar akan bersurat kepada Kepala Puskesmas agar selanjutnya Kepala Puskesmas bisa berkoordinasi kepada Kepala Desa/Lurah dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) dalam hal penjadwalan pemeriksaan kesehatan. 

Kesepakatan ini akan diinformasikan kepada PPK dan PPS agar lebih mudah dalam proses perekrutan Calon Anggota KPPS, tegas I Gusti Ngurah Agung Darmayuda sebelum mengakhiri pertemuan ini.


Oleh : kpudps | 08 Oktober 2015 | Dibaca : 680 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :