Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Bimtek PPK, PPS

Oleh : kpudps | 13 Oktober 2015 | Dibaca : 852 Pengunjung

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) untuk PPK dan PPS pada hari Senin, 12 Oktober 2015. Bimtek untuk PPK dan PPS dilaksankan di Hotel Inna Bali Jalan Veteran Nomor 3 Kecamatan Denpasar Utara, Denpasar. Sesuai dengan nama kegiatan yaitu bimtek PPK dan PPS, bimtek ini dihadiri oleh semua PPK dan PPS dari 4 kecamatan dan 43 desa se- Kota Denpasar.

Bimtek ini dimulai pukul 09.00 Wita yang diawali dengan menyanyikan  lagu Indonesia Raya yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua KPU Kota Denpasar. Dalam sambutannya, Ketua KPU Kota Denpasar, I Gede  John Darmawan memberikan informasi tentang kinerja PPK dan PPS dalam proses DPT (Daftar Pemilih Tetap) sampai pada perekrutan KPPS. Setelah Ketua KPU Kota Denpasar memberikan sambutan,

Setelah coffee break Pukul 10.15 acara dilanjutkan kembali dengan materi bimtek yang diberikan oleh Komisioner KPU Kota Denpasar  I Gusti Ngurah Agung Darmayuda yang akrab dipanggil Rahde.  Rahde megawali dengan memberikan pengarahan mengenai Pemutahiran Data Pemilih berkaitan dengan Daftar Pemilihan Tambahan 1 ( DPTb-1) yang diharapkan untuk melakukan singkronidasi dengan data sidalih sebelum pleno di tingakatan PPS dan PPK. Materi berikutnya berkaitan denagan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Banyak pertanyaan yang diajukan dari PPK maupun PPS dalam sesi diskusi. Semua pertanyaan tersebut berkaitan dengan mekanisme perekrutan KPPS yang nantinya sudah dibuatkan Surat Keputusannya per tanggal 9 November 2015. Disamping KPPS dibahas pula pembentukkan Petugas Keamanan TPS yang sedianya ada 2 orang pada masing-masing TPS.

Materi berikutnya adalah bimtek sosialisasi yang rencananya diadakan ke banjar-banjar yang jumlahnya 416 banjar se-kota Denpasar. Sosialisasi ke banjar-banjar ini dimaksudkan agar langsung menyentuh pada kelompok masyarakat  terbawah. Disamping sosialsasi ke banjar-banjar kegiatan sosialisasi juga diadakan 4 kali kegiatan dimasing-masing kecamatan dan 3 kali kegiatan di masing-masing desa/lurah kusus menyasar kelompok masayrakat dan tokoh-tokoh masyarakat. Rahde menekankan saat memberikan sosialisasi ke masyarakat ini agar menjaga integritas dan memberikan informasi sebaik-baiknya agar masyarakat pemilih dapat menggunakan hak pilihnya datang ke TPS saat hari H serta memilih dengan baik dan cerdas. Jadwal pelaksanaan sosialisasi ini agar sudah terlaksana dari tanggal 19 Okotober sampai dengan 19 Nopember 2015, dalam hal ini PPK agar mengkordinir dan berkordinasi dengan PPS agar pelaksanaannya berlangsung baik dan lancar.

Sekretaris KPU Kota Denpasar I Wayan Arya Arsana yang turut mendampingi acara memberikan informasi tentang penggunakan anggaran dalam setiap kegiatan, khususnya kegiatan yang berkaitan dengan tugas PPK dan PPS. 


Oleh : kpudps | 13 Oktober 2015 | Dibaca : 852 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :