Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Kuliah Umum Transparansi Partai Politik

Oleh : kpudps | 13 Juni 2016 | Dibaca : 440 Pengunjung

Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Udayana (FISIP UNUD) Denpasar, Jumat (27/5), menyelenggarakan Kuliah Umum “ Transparansi Partai Politik”. Kuliah Umum yang berlokasi di Aula Kantor KPU Kota Denpasar ini dihadiri oleh Mahasiswa beserta Dosen Jurusan Sosiologi FISIP UNUD. Kuliah Umum dimulai pukul 10.00 Wita dan dibuka oleh Ketua KPU Kota Denpasar, I Gede John Darmawan, SH.,M.Kn. Sebagai pembicara, Ketua KPU Kota Denpasar memberikan gambaran umum partai politik di Indonesia. Kemudian, menjelaskan tentang Transparansi Partai Politik yang terkait dengan kewajiban dari partai politik untuk menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Keuangannya kepada publik,  mengingat besarnya anggaran keuangan negara yang digunakan untuk membiayai partai politik. Namun, selama ini akses publik terhadap pergerakan keuangan partai politik serta tujuan dari penggunaannya masih rendah.

Terkait dengan Pemilu, Undang-Undang Pemilu No. 8 Tahun 2012 semakin menegaskan perlunya transparansi keuangan partai politik. UU ini mewajibkan partai politik maupun pasangan calon dari partai politik untuk menyampaikan Laporan Dana Kampanye. Laporan Dana Kampanye tersebut diaudit oleh Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditetapkan KPU. Apabila ada penyelewengan maka partai politik maupun pasangan calon dari partai politik tersebut dapat didiskualifikasi. Bahkan wacananya, Tahun 2019 akan diterapkan konsukuensi berupa pembatalan sebagai pemenang pemilu apabila parpol yang merupakan pemenang pemilu melakukan penyelewengan dana kampanye.

Usai memberikan pemaparan, Ketua KPU Kota Denpasar membuka sesi tanya jawab. Dalam sesi tanya jawab, 3 orang mahasiswa menyampaikan pertanyaan yang terkait dengan partai politik. Setelah sesi tanya jawab, kuliah umum pun diakhiri. Ketua KPU Kota Denpasar, berharap kuliah umum ini dapat menambah wawasan dan meningkatkan idealisme mahasiswa terhadap kehidupan bangsa terutama partai politik.

“Mahasiswa harusnya memiliki Idealisme sehingga kritis dan solutif terhadap permasalahan bangsa. Baik secara lisan maupun tulisan untuk menjadi bahan perbaikan terhadap kehidupan bangsa khususnya parpol”, ujar John Darmawan. 


Oleh : kpudps | 13 Juni 2016 | Dibaca : 440 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :