Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Rapat Koordinasi Persiapan MoU

Oleh : kpudps | 20 Juli 2017 | Dibaca : 66 Pengunjung

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar melaksanakan Rapat Koordinasi dengan beberapa instansi dan lembaga strategis yang terkait dengan Pilgub Tahun 2018, Pileg dan Pilpres Tahun 2019 Rabu. (19/07/2017). Instansi dan lembaga strategis tersebut terdiri dari Badan Kesbangpol, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Radio Pemkot (RPKAD), Karang Taruna serta PPCI (Persatuan Penyandang Cacat Indonesia) Kota Denpasar. Rapat Koordinasi yang bertempat di Ruang Rapat KPU Kota Denpasar itu dimulai pukul 10.00 wita. Ketua KPU Kota Denpasar I Gede John Darmawan menyampaikan latar belakang pelaksanaan MoU dengan beberapa instansi dan lembaga strategis diatas adalah rendahnya tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Tahun 2015. Peran dari instansi dan lembaga strategis tersebut dalam bentuk sosialisasi maupun pemutakhiran data pemilih diharapkan oleh John Darmawan dapat membantu KPU Kota Denpasar untuk meningkatkan partisipasi pemilu dan menyukseskan Pilgub Tahun 2018, Pileg dan Pilpres Tahun 2019.

Dengan melaksanakan MoU, seluruh instansi dan lembaga strategis tersebut akan dilibatkan dalam program kerja KPU Kota Denpasar begitupun sebaliknya. Badan Kesbangpol, Radio Pemkot (RPKAD), Karang Taruna serta PPCI (Persatuan Penyandang Cacat Indonesia) Kota Denpasar akan dilibatkan dalam sosialisasi sedangkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam hal pemutakhiran data pemilih yang dapat dilakukan sewaktu-waktu. I Gusti Ngurah Agung Darmayuda (Anggota KPU Kota Denpasar Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat) menambahkan untuk acara outing seperti diskusi tentang demokrasi dan kepemiluan dapat dilakukan di Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Denpasar. “Kami juga siap diundang menjadi narasumber”ujar Rahde, sapaan akrab I Gusti Ngurah Agung Darmayuda. Selain terkait dengan sosialisasi dan pemutakhiran data pemilih, I Wayan Arsa Jaya (Anggota KPU Kota Denpasar Divisi Teknis) mengharapkan karang taruna dapat terlibat sebagai penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan, desa/kelurahan maupun TPS.

KPU Kota Denpasar memberikan draft MoU untuk dikoreksi beserta PKPU No. 1 tentang Tahapan Pemilu kepada masing-masing instansi dan lembaga serta PKPU No. 2 tentang Pemutakhiran Data Pemilih khusus untuk Disdukcapil. Perwakilan dari masing-masing instansi dan lembaga juga menyampaikan pertanyaan maupun saran untuk pelaksanaan MoU. Intinya seluruh instansi dan lembaga yang diundang dalam Rapat Koordinasi ini menyetujui MoU tersebut dan siap untuk bekerjasama dengan KPU. 


Oleh : kpudps | 20 Juli 2017 | Dibaca : 66 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :