Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Rapat Koordinasi Sinkronisasi Data Parpol dan Sipol

Oleh : kpudps | 13 Oktober 2017 | Dibaca : 438 Pengunjung

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id- Tahapan pendaftaran partai politik berlangsung dari tanggal 3-16 Oktober 2016. Namun, sampai dengan tanggal 12 Oktober 2017 hanya terdapat 2 parpol yang mendaftar ke KPU Kota Denpasar. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) mendaftar pada tanggal 9 Oktober 2017, tetapi berkas yang diserahkan tidak sesuai dengan sipol sehingga dikembalikan. Hal yang sama juga terjadi pada PDIP yang mendaftar tanggal 11 Oktober 2017. Meskipun pada akhirnya berkas PDIP yang diajukan kembali tanggal 12 Oktober 2017 sesuai dengan sipol dan diterima KPU Kota Denpasar.

Melihat kondisi tersebut, KPU Kota Denpasar mengadakan Rapat Koordinasi Sinkronisasi Data Keanggotaan Parpol dengan Sipol. Rapat diadakan pada Jumat (13/10/17) pukul 09.00 wita di Aula KPU Kota Denpasar. Dalam rapat yang dipimpin oleh I Made Raka Suwarna (Anggota KPU Divisi Hukum) hadir 15 parpol yaitu Partai Nasdem, PKB, PKS, PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PPP, Partai Hanura, PBB, Partai Perindo, PSI, PIKA, Partai Rakyat dan Partai Republik. 

Raka Suwarna menyampaikan tentang kondisi pendaftaran parpol sampai dengan tanggal 12 Oktober di KPU Kota Denpasar. “Tinggal 3 hari lagi tapi baru dua partai yang daftar, Perindo sama PDIP keduanya tidak sesuai sipol dan dikembalikan tapi kemaren PDIP sudah daftar lagi dan sesuai , kita terima” ujar Raka. Waktu yang semakin terbatas dan masih adanya data keanggotaan parpol yang tidak sesuai sipol mendorong KPU Kota Denpasar untuk membuka ruang konsultasi bagi parpol. Melalui konsultasi sebelum pendaftaran, parpol dapat mensinkronkan data keanggotaan yang dimiliki dengan yang tertera dalam sipol. Dengan demikian ketika pendaftaran data yang diserahkan oleh parpol sudah sesuai sipol dan tidak perlu dikembalikan lagi. Cara ini dinilai efektif dan efisien dalam memperlancar proses pendaftaran parpol.


Oleh : kpudps | 13 Oktober 2017 | Dibaca : 438 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :