Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

KPU Kota Denpasar Serahkan Hasil Penelitian Administrasi Partai Politik

Oleh : kpudps | 17 November 2017 | Dibaca : 496 Pengunjung

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id- KPU Kota Denpasar telah menyelesaikan proses penelitian administrasi Partai Politik Calon Peserta Pemilu Tahun 2019 dan melaksanakan pleno terkait hasil penelitian tersebut. Sesuai tahapan, Kamis (16/11/17) KPU Kota Denpasar menyerahkan hasil penelitian administrasi kepada partai politik sekaligus memberikan bimbingan teknis perbaikan syarat keanggotaan. Penyerahan hasil penelitian dan bimtek tersebut digelar di Hotel Inna Sindhu Sanur pukul 10.00 wita. Pada acara tersebut hadir 14 (empat belas) parpol yang telah mengikuti proses penelitian di KPU Kota Denpasar yaitu Perindo, PDIP, PAN, PKB, PKS, Partai Garuda, PSI, PPP, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Nasdem, dan Partai Gerindra.

Ketua KPU Kota Denpasar, I Gede John Darmawan membuka acara dengan menyampaikan secara singkat proses penelitian administrasi serta menghimbau parpol untuk memanfaatkan masa perbaikan sebaik-baiknya sehingga data keanggotaan yang diserahkan nantinya jelas dan valid. “Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melayani semua parpol, tolong parpol juga sungguh-sungguh mengikuti proses ini jangan ada lagi data anggota yang tidak jelas” tegas John.

Berdasarkan hasil penelitian administrasi oleh KPU Kota Denpasar, terdapat 5 (lima) parpol dengan jumlah keanggotaan partai politik yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) telah mencapai jumlah minimum dukungan di Kota Denpasar sesuai SK KPU RI Nomor 165/HK.03.1-Kpt/03/KPU/IX/2017 Tentang Jumlah Kabupaten/Kota Dan Kecamatan serta Jumlah Penduduk Setiap Kabupaten/Kota di Setiap Propinsi. Parpol tersebut adalah PDIP, Partai Golkar, Partai Demokrat, PKS, dan Partai Gerindra. Sedangkan 9 (Sembilan) parpol lainnya jumlah anggota yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) belum mencapai jumlah minimum dukungan di Kota Denpasar yaitu 638 orang.

Usai penyerahan hasil penelitian administrasi kepada parpol, KPU Kota Denpasar memberikan bimbingan teknis tentang proses perbaikan syarat keanggotaan. Diawali dengan pemaparan materi yaitu PKPU Nomor 11 Tahun 2017, SK Nomor 165 serta SK Nomor 174 oleh I Made Raka Suwarna (Anggota KPU Divisi Hukum) yang diselingi sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan konsultasi parpol dengan helpdesk sipol terkait perbaikan syarat keanggotaan. Dengan bimtek ini, seluruh parpol diharapkan memiliki pemahaman yang sama dan gambaran jelas tentang proses perbaikan. 


Oleh : kpudps | 17 November 2017 | Dibaca : 496 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :