Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

KPU Denpasar dan Kesbangpol Koordinasi Tahapan Pilkada Serentak

Oleh : kpudps | 23 November 2017 | Dibaca : 492 Pengunjung

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id- Rabu (22/11/17), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Denpasar melakukan pemantauan/monitoring ke KPU Kota Denpasar terkait pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2018. Tim Koordinasi dari Kesbangpol diterima oleh Sekretaris KPU Kota Denpasar, I Wayan Arya Arsana dan Anggota KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya di Ruang Rapat pukul 10.00 Wita.

Ketua Tim Koordinasi, I Made Suartana menjelaskan tujuan monitoring dari Kesbangpol Kota Denpasar untuk memperoleh gambaran terkait tahapan dan kegiatan Pilkada Serentak Tahun 2018. Arsa Jaya menyampaikan terkait Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang menjadi bagian Pilkada Serentak Tahun 2018, sudah masuk pada tahapan pendaftaran calon perseorangan yang berlangsung dari tanggal 22-26 Nopember 2017. “Kalau sampai tanggal 26 tidak ada yang daftar berarti tidak ada calon perseorangan di Bali” terang Arsa. Sedangkan pendaftaran calon dari partai politik akan berlangsung dari tanggal 8 – 10 Januari 2018 dan penetapan calon akan dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2018.

Sekretaris KPU Kota Denpasar, I Wayan Arya Arsana menjelaskan selain mempersiapkan Pilgub Bali Tahun 2018, KPU Kota Denpasar juga melaksanakan tahapan Pemilu Tahun 2019 yaitu verifikasi partai politik. I Made Raka Suwarna, Anggota KPU Kota Denpasar yang membidangi kegiatan tersebut menyampaikan secara ringkas tentang proses pendaftaran dan verifikasi partai politik. Raka juga menyampaikan persoalan-persoalan dalam pelaksanaan verifikasi faktual administrasi parpol yang terkait dengan Kesbangpol seperti keterlibatan ASN (Aparatur Sipil Negara) dalam keanggotaan parpol baik disengaja ataupun tidak. Raka mengharapkan Kesbangpol dapat menghimbau ASN agar tidak terlibat dalam politik. Suartana mengamini apa yang disampaikan Raka. “Banyak ASN yang masuk parpol karena ada saudaranya mau nyalon atau diajak orang-orang terdekatnya entah mereka sadar atau tidak”, kata Suartana.

Selain melakukan koordinasi terkait tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018, Kesbangpol juga mengajak KPU Kota Denpasar bekerjasama mensosialisasikan bantuan keuangan kepada partai politik yang lolos sebagai Peserta Pemilu Tahun 2019 dan meminta data partai politik tersebut. Dengan demikian Kesbangpol Kota Denpasar memiliki data yang valid untuk memberikan bantuan keuangan partai politik. 


Oleh : kpudps | 23 November 2017 | Dibaca : 492 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :