Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Evaluasi Pemasangan APK di Kota Denpasar

Oleh : kpudps | 23 Februari 2018 | Dibaca : 349 Pengunjung

Denpasar, kpu-denpasarkota.go.id- Setelah melakukan monitoring pemasangan APK berupa baliho, Kamis (22/02/18) KPU Kota Denpasar mengadakan evaluasi bersama Panwas Kota Denpasar, Polresta Denpasar dan Tim Kampanye Pasangan Calon 1 dan 2. Evaluasi pemasangan APK dilaksanakan di Ruang Rapat KPU Kota Denpasar pukul 10.30 wita. Ketua KPU Kota Denpasar, I Gede John Darmawan membuka acara dan menyampaikan tujuan evaluasi ini untuk meminta masukan dari stakeholder terkait APK yang telah difasilitasi KPU.

IGN Agung Darmayuda (Komisioner Divisi SDM dan Parmas) mengatakan bahwa berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan selama 2 hari (20 s.d 21 Februari 2018) ada baliho yang harus dipindahkan, yang belum terpasang ataupun diperbaiki karena posisinya terhalang.  Namun, saat ini baliho pada GOR Ngurah Rai yang belum terpasang sudah dipasang rekanan, baliho pada GOR Kompyang Sujana sudah dinaikkan sekian centimeter sehingga tidak terhalang tugu selamat datang, begitupula baliho di Ubung telah dipindahkan ke Pasar Agung Peninjoan.

Di tingkat kecamatan dan desa/kelurahan berdasarkan laporan PPK/PPS tidak semua tim kampanye paslon hadir dalam kegiatan monitoring. “Mungkin tim kampanye di kecamatan dan desa sudah tidak mempermasalahkan pemasangan APK” ungkap Agung Darmayuda. Tim Kampanye Paslon No. 1 yang diwakili oleh I Wayan Sutama menyampaikan pemasangan APK khususnya baliho telah berjalan dengan baik, tetapi untuk pemasangan spanduk pada beberapa titik ada yang belum dipasang dan adapula yang perlu untuk dibenahi. “Spanduk di Dauh Puri Kaja belum dipasang lalu yang di Tonja pas di pohon beringin tolong keduanya digeser ke utara sedikit supaya terlihat jelas” kata Sutama. Selain di daerah Tonja, Sutama juga meminta KPU Kota Denpasar dapat memindahkan spanduk di Peguyangan Kaja karena dipasang tidak sesuai titik yang ditetapkan. Menanggapi permintaan Tim Kampanye Paslon No. 1, Agung Darmayuda mengatakan akan mengecek posisi dari APK yang disebutkan dan bila memungkinkan akan dipindahkan. Mengingat APK seringkali tidak bisa diletakkan pada posisi yang semestinya atau strategis karena kondisi di lapangan tidak memungkinkan.

Selain tim kampanye paslon, I Wayan Sudarsana (Ketua Panwas Kota Denpasar) juga menyarankan agar lokasi pemasangan APK di tingkat kabupaten/kota dengan kecamatan serta desa/kelurahan tidak berdekatan agar tidak mubazir karena meskipun bentuknya berbeda tapi isinya sama. Panwas pun menyayangkan ada APK yang terpasang di area tempat suci. “KPU larang paslon pasang APK di area tempat suci tolong KPU on the track dengan aturan” ungkap Sudarsana. Agung Darmayuda pun berjanji akan mengecek posisi spanduk yang dipermasalahkan Panwas Kota Denpasar. 

Besok (23/02/18) pukul 10.00 wita, PPK/PPS akan mengundang tim kampanye untuk tanda tangan Berita Acara Serah Terima (BAST) APK (Umbul-umbul dan spanduk). Namun apabila ada tim kampanye di tingkat kecamatan/desa yang tidak hadir maka penandatanganan akan dilakukan di tingkat Kabupaten/Kota. Usai evaluasi, KPU Kota Denpasar, Panwas Kota Denpasar dan Tim Kampanye Paslon 1 maupun 2 menandatangani BAST APK berupa baliho karena sudah tidak ada hal yang dipermasalahkan.  


Oleh : kpudps | 23 Februari 2018 | Dibaca : 349 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :