Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Pelatihan Jurnalistik Untuk Kemajuan Demokrasi

Oleh : kpudps | 13 Maret 2015 | Dibaca : 1821 Pengunjung

Menulis artikel atau berita rupanya tidak banyak orang yang menyukainya. Padahal melalui tulisan yang baik, masyarakat mendapat informasi yang berguna untuk kemajuan bangsa. Pelatihan jurnalistik sangat dibutuhkan bagi penyelenggara pemilu agar dapat menyampaikan informasi pemilu dan demokrasi kepada masyarakat agar mudah dipahami dan membumi. Dalam rangka meningkatkan kualitas penulisan dan minat menulis  KPU Provinsi Bali menyelenggarakan pelatihan jurnalistik.

Pelatihan ini berlangsung di Kantor KPU Provinsi Bali Jl. Cok Agung Tresna Denpasar, pada Hari Kamis 12 Maret 2015. Acara pelatihan jurnalistk ini dikemas pada sesi terakhir dalam acara “Rapat Koordinasi  Manajemen Web “ yang dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Bali dan mengundang komisioner KPU Kabuparten/Kota bidang Humas beserta staf kesekretariatan  yang menangani web.

Rapat koordinasi manajemen web dari awal memang dikemas menyenangkan jauh dari kesan formal. Ketua KPU Provinsi Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Shandi menyatakan bahwa rapat ini bertujuan untuk  meningkatkan kualitas pewartaan kita dalam hal desain, konten , dan kebenaran data. Harapannya agar ketersediaan informasinya memadai, informatif, dan bermanfaat dengan tidak mengabaikan kaidah-kaidah dalam Undang-Undang Pers, Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, Undang-Undang Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) serta kode etik jurnalistik.

Kesempatan berikutnya Komisioner KPU devisi Data dan Informasi Kadek Wirati menyampaikan perlunya membuat tampilan web KPU Kabupaten/Kota memiliki template yang sama mengacu template web KPU Provinsi Bali. Wayan Jondra Komisioner KPU Provinsi Bali divisi logistik menyampaikan bahwa dibutuhkan kreativitas dan kemauan untuk menyampaikan pikiran dalam bentuk tulisan agar bisa diketahui dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Setelah istirahat makan siang sesi pelatihan jurnalistik yang ditunggu-tunggu dilaksanakan. Pelatihan ini dipandu oleh dua orang narasumber yakni Pujawan yang  saat ini menjabat sebagai komisioner KPU Kabupaten Bangli  dalam beberapa tahun sebelumnya berprofesi sebagai  wartawan harian terkenal di Bali dan Gde Suardana saat ini menjabat sebagai Ketua KPU Kabupaten Buleleng yang beberapa tahun menjadi wartawan media online nasional terkemuka saat ini.

Pelatihan diawali dengan pemaparan teori dan kaedah jurnalistik. Untuk memantapkan pelatihan jurnalistik, peserta diwajibkan untuk praktek membuat tulisan sederhana kemudian dibahas dan dievalualsi. Setelah melalui beberapa kali praktek dan dievaluasi, rasanya menulis itu sangat mudah dan menyenangkan.

Para peserta termasuk komisioner KPU Provinsi Bali dan KPU Kabupaten/Kota  merasa gembira mendapat ilmu dan tips menulis. Hal ini terlihat dari wajah dan celotehan mereka saat evaluasi tulisan mereka dibahas. Ternyata menulis itu mudah dan menyenangkan demikian kira-kira perasaan kolektif kita sebagai peserta. Semoga motivasi menulis menjadi kebiasaan baik demi meningkatkan kualitas pemilu dan demokrasi kita, astungkara. (rahde)


Oleh : kpudps | 13 Maret 2015 | Dibaca : 1821 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :