Jajak Pendapat
bagaimana pendapat anda tentang website resmi Komisi Pemilihan Umum Kota Denpasar
Twitter
Facebook
Baca Berita

Launching dan Pengumuman Pemenang Maskot

Oleh : kpudps | 04 Juni 2015 | Dibaca : 1093 Pengunjung

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Denpasar mengadakan launching Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Denpasar 2015, Hari Rabu Tanggal 3 Juni 2015 di Lapangan Puputan I Gusti Ngurah Made Agung Jl. Udayana Denpasar. Ketua KPU Kota Denpasar. I Gede John Darmawan mengatakan bahwa acara launching ini dilaksanakan bertepatan dengan tahapan serah terima Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) dari Departemen Dalam Negeri kepada KPU RI dan dilakukan penyerahan secara simbolis yang dilakukan di Denpasar oleh Walikota Denpasar kepada Ketua KPU Kota Denpasar. Lebih lanjut John mengatakan acara ini sekaligus melaunching Maskot dan Jingle KPU Kota Denpasar dalam rangka pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Denpasar.

                                Maskot yang akan dilaunching kali ini merupakan hasil dari perlombaan maskot yang dilaksanakan oleh KPU Kota Denpasar. Ketua Pokja Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih I Gusti Ngurah Agung Darmayuda  yang biasa dipanggil Rah’de mengatakan bahwa lomba maskot bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat berkaitan dengan persepsi masyarakat terhadap pilkada kali ini. Lebih jauh Rah’de berujar bahwa lomba ini bermaksud membumikan pemilihan kepala daerah menjadi milik masyarakat yang bercirikan khas kota Denpasar. Lomba yang diikuti oleh 51 orang dengan 93 hasil karya berhasil menjaring 6 besar yang menjadi pemenangnya antara lain: Sebagai Juara I dengan tema “Pan Catur” Atas nama Gede Lingga Ananta Kusuma, Juara II dengan tema “Barpin” atas nama I Gede Rian Rahendra  Juara III  dengan tema “Sang Jempiring” atas nama I Gede Hartawan, Juara  Harapan I dengan tema “Tari Baris” atas nama  Putu Dian Ujiana, Juara Harapan II dengan tema “Si Paksi” atas nama I Gusti Putu Puryana, Juara Harapan III dengan tema  “De’Baris” atas nama Gede Agus Suantara.        

Maskot kita merupakan hasil revisi dari maskot 6 (enam besar) sehingga menghasilkan maskot yang bernama ICAKA (I Catur Muka) yang merupakan kepanjangan dari  Iring Coblos Antuk Kayun Anggga. Keseluruhan maskot memiliki makna dan menggambarkan semangat masyarakat Kota Denpasar dalam mensukseskan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota 2015.

Jingle pilkada kali ini dipercayakan kepada Nanoe Biroe sebagai pencipta lagu dan vocal dengan judul “Ayo Nyoblos”. Jingle yang berdurasi 01:09 ini dirancang mudah dinyanyikan yang berisikan ajakan untuk menggunakan hak pilih. Selain jingle kita juga dibuatkan video klipnya untuk bisa diputar di media TV atau Youtube. Kerja sama dengan Nonoe Biroe sudah pernah kita lakukan saat Pileg dan Pilpres 2014 yang diwujudkan dalam bentuk sosialisasi ke pasar-pasar, konser musik serta jingle dan video klip ujar Rahde.

Sebelum acara launcing kita melakukan kirab keliling kota dengan menaiki 20 ekor dokar hias diiringi baleganjur dan mobil branding KPU. Start Depan Lapangan Puputan (Jl. Surapati), ke arah Timur kemudian belok kanan ke arah Selatan (JL. Kapten Agung), kemudian melalui jl. Sudirman belok kanan kearah barat (jl Dewi Sartika), belok kanan kearah Utara (Jl. Diponogoro), perempatan suci belok kanan ke arah Timur (jl. Debes), belok kiri ke arah utara (Jl. Udayana) sampai bundaran Patung Catur Muka belok kanan (Jl. Surapati) Finish. Urutan rombongan: Voorider, Replika maskot (pickup), Dokar hias (20 dokar), Truk Baleganjur,  Mobil KPU  (6 kendaraan). Kirab ini dilakukan dengan tujuan mensosialisasikan pilkada ini kepada kalangan yang lebih luas.

Lebih jauh John menambahkan bahwa kali ini kita memiliki tantangan cukup berat terhadap partisipasi pemilih karena pengalaman kita saat pilkada sebelumnya yaitu pilwali 2010 dan Pilgub 2013 prosentase kehadiran pemilih hanya 63%, sedangkan saat ini kita mentargetkan partisipasi pemilih kita dapat mencapai 77%. Kegiatan sosialisasi kepada semua kalangan dan upaya-upaya inovatif dilakukan secara simultan harapannya agar target itu tercapai pungkas john.


Oleh : kpudps | 04 Juni 2015 | Dibaca : 1093 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :